Memisahkan Traffic Game Online dan Browsing
Memisahkan
Traffic Game Online dan Browsing
Semakin hari kebutuhan
akan manajemen jaringan semakin beragam. Hal ini tidak lepas dari semakin
beragam nya pula layanan internet yang ada. Dari mulai portal berita, forum,
sosial media serta game online yang saat ini banyak digemari pengguna internet.
Sebagai penyedia layanan akses internet, tentu kita ingin memberikan layanan terbaik sehingga semua kebutuhan pengguna internet dapat diakomodasi dan dapat menjalankan aktifitas browsing, chating maupun bermain game online dengan nyaman.
Sebagai penyedia layanan akses internet, tentu kita ingin memberikan layanan terbaik sehingga semua kebutuhan pengguna internet dapat diakomodasi dan dapat menjalankan aktifitas browsing, chating maupun bermain game online dengan nyaman.
Problem yang biasa terjadi adalah ketika 2 atau lebih akses yang
berbeda, seperti browsing dan game online
terjadi pada satu jaringan yang sama, antara keduanya dapat saling
menganggu.
Misalnya, pada warnet
atau wargame (warnet dan game online) ketika banyak yang bermain game online,
traffic browsing akan terganggu. Atau bisa juga terjadi sebaliknya. Yang
dimaksud game online disini adalah game yang sudah terinstall di PC, kemudian
dimainkan secara online, bukan game yang disediakan oleh website-website
tertentu.
Pada artikel ini, akan
diulas bagaimana cara memisahkan dan melakukan manajemen yang berbeda untuk
traffic browsing dan game online.
Mangle
Traffic browsing dan
game online dapat dibedakan berdasarkan protocol dan port yang digunakan. Fitur
yang dapat digunakan untuk kebutuhan tersebut adalah mangle, dimana mangle
dapat digunakan untuk menandai (marking) paket data berdasarkan port, protocol,
src dan dst address, serta paramater lain yang dibutuhkan.
Untuk kasus ini,
berarti kita harus mengetahui protocol dan port berapa yang digunakan oleh game
online untuk menjalankan fungsi nya. Ada 2 cara untuk mendapatkan informasi
tersebut.
Pertama, dengan
melakukan Torch pada saat client menjalankan game tersebut. Sehingga akan
didapat port dan protocol yang digunakan.
Disamping itu, kita
bisa mencari referensi lain dari internet, dimana sudah banyak yang berhasil
mengetahui port dan protocol yang digunakan oleh setiap game online yang ada.
Tentu setiap game menggunakan port dan protocol yang berbeda.
Jika dilihat
sebenarnya tipe traffic yang akan di-manage bisa digolongkan menjadi 2 tipe
saja, yaitu traffic game online dan traffic selain game online
(browsing,chating,dsb). Maka kita bisa membuat mangle untuk game online
terlebih dahulu, baru setelahnya buat untuk selain game online berdasarkan port
dan protocol yang sudah di dapat sebelumnya.
Mangle Game Online
Untuk pembuatan mangle
game, karena cukup banyak game-game yang akan di-mangle, akan lebih mudah jika
dibuat mark-connection semua game terlebih dahulu dengan marking yang sama.
Langkah di atas
merupakan salah satu contoh melakukan mar-connection dengan game yang
menggunakan protocol tcp port 36567,8001 . Untuk game lakukan dengan langkah
yang sama, sesuaikan protocol dan port yang digunakan.
Setelah langkah
mark-connection selesai, barulah dibuat mark-packet berdasar
mark-connection=Koneksi-Game yang sebelumnya telah dibuat
Mangle Selain Game Online
Pada langkah
sebelumnya telah dibuat mangle untuk game. Selanjutnya tinggal dibuat mangle
untuk traffic selain game online. Di dalam nya bisa terdapat traffic
browsing,chating,dsb.
Sama dengan langkah
marking pada traffic game, buat mark-packet setelah langkah mark-connection
selesai.
Hasil akhir dari
konfigurasi mangle seperti berikut
Manajemen bandwidth
Pada artikel ini akan
digunakan Queue tree untuk melakukan manajemen bandwidth berdasarkan mangle
mark-packet yang sudah dibuat sebelumnya. Sebagai asumsi, bandwidth total yang
dimiliki dedicated 1Mbps
Langkah pertama,
definisikan terlebih dahulu total bandwidth yang ada, baik untuk upload maupun
download.
Selanjutnya, buat
queue untuk traffic browsing dan game berdasarkan mark-packet yang sudah dibuat
sebelumnya. Pada contoh ini menggunakan model HTB dengan bandwidth minimal
(limit-at)=512k dan max-limit=1Mbps.
Lakukan juga untuk
traffic browsing upload dan game upload
Test
Dengan menggunakan
model HTB, antar traffic browsing dengan game sudah memiliki bandwidth garansi
masing-masing, sehingga jika keduanya berjalan bersamaan tidak akan saling
mengganggu.
Komentar
Posting Komentar